-->

Profil Ustadz Abdul Somad


Nama Ustadz Abdul Somad barangkali masih asing untuk sebagian masyarakat. Ia familiar lewat video-video ceramahnya yang tersebar lewat media sosial Youtube. Banyak yang telah menyaksikan dan men-share video ceramahnya karena dirasakan sangat mengena dengan gaya paparan yang humoris tetapi amat berkualitas. Bahkan kalau kita membuka halaman Youtube kemudian mengetikkan kata 'Ustadz' pada kolom pencarian, namanya tertumpu sangat atas membawahi Hanan Attaki dan Ustadz yang tak kalah tajamnya, Khalid Basalamah.

Lalu siapakah Ustadz Abdul Somad sebenarnya? Pria kelahiran Rabu Petang 18 Mei 1977 silam ini adalah lulusan Universitas Al-Azhar Mesir dan menemukan gelar pascasarjananya dari Dar Al-Hadits Al-Hassania Institute, Kerajaan Maroko. Di samping aktif sebagai pendakwah, ia pun tercatat sebagai Dosen di sejumlah perguruan tinggi yang terdapat di Riau.


Namanya mulai kondang beberapa tahun belakangan ketika video-video pengajiannya viral di Youtube. Kajian-kajiannya yang tajam dan unik membuat tidak sedikit orang suka dengan tausiahnya. Ulasan yang cerdas dan lugas, dengan kemahiran dalam menyusun kata yang menjadi suatu retorika dakwah, menciptakan ceramah Ustadz Abdul Somad begitu mudah dipahami dan mudah dicerna oleh sekian banyak  kalangan masyarakat. Banyak dari ceramah Ustadz Abdul Somad yang mengulas sekian banyak  macam permasalahan agama. Dan bahkan bukan ceramah Ustadz Abdul Somad juga tidak sedikit yang membicarakan mengenai masalah-masalah kekinian, nasionalisme dan sekian banyak  masalah yang sedang menjadi ulasan hangat di kalangan masyarakat.

Sejak dari bangku sekolah dasar dirinya dididik di bangku sekolah yang berbasis pada Tahfidz Alquran. Tamat dari SD Al-Washliyah tahun 1990, ia hijrah guna melanjutkan pendidikannya ke Mts Mu'allimin al-Washliyah Medan. Namun sesudah tamat tahun 1993, ia pulang ke Riau guna melanjutkan pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, In-hu dan menyelesaikannya di tahun 1996. 

Tahun 1998, ia adalahsalah satu dari 100 orang yang menerima beasiswa yang dibagikan oleh pemerintah mesir untuk mahasiswa indonesia belajar di Al-Azhar mengungguli 900-an orang lainnya yang ikut tes guna mendapatkan beasiswa tersebut. Abdul Somad menemukan gelar Lc-nya dalam masa-masa tiga tahun 10 bulan.

Kemudian pada tahun 2004, kerajaan maroko memberi kesempatan kepada 15 beasiswa untuk pendidikan S2 di Dar Al-Hadits Al-Hassania Institute yang menerima 20 orang siswa pada setiap tahunnya dengan rincian 15 orang maroko dan lima lainnya dari luar Maroko. Abdul Somad juga terpilih masuk dalam kuota penerimaan 5 orang asing tersebut melewati jalur beasiswa S2 yang diselesaikannya dalam waktu setahun 11 bulan.

Ada kejadian yang agak menggelitik ketika ia kembali ke tanah air pada tahun 2009. Dirinya diminta oleh Masjid yang terdapat di Riau untuk memenuhi tausyiah bulan Ramadhan sebelum menunaikan shalat tarawih. Sebelum adzan Isya berkumandang, ia telah duduk di dalam Masjid tersebut. Karena penampilannya yang biasa saja, tidak sedikit yang tidak mengenalinya, bahkan termasuk pengurus Masjid yang memintanya datang.

Setelah Adzan Isya, pengurus Masjid juga berdiri dihadapan jamaah lalu menyerahkan pengumuman. "Jamaah yang hadir, malam ini anda akan memperhatikan tausyiah dari Ustadz Abdul Somad Lc MA alumni Mesir dan Maroko. Karena beliau tidak datang jadi sesudah Shalat Isya anda langsung saja Shalat Tarawih," ujar Ustadz Abdul Somad mengulang ucapan pengurus Masjid tersebut. "Padahal tedudok dah saya disitu, Jadi bila dulu saya mesti mengenalkan diri karena bila nengok format saya tidak sedikit orang ragu betul ndak kau ni Ustadz," kelakarnya dengan logat melayu yang khas.

Biodata Ustad Abdul Somad

  • Nama Lengkap : Abdul Somad Batubara, Lc., MA
  • Tempat, Tangga Lahir : Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara, 18 Mei 1977
  • Pekekrjaan : Penceramah, Ahli ilmu Hadist, Ulama, Dosen


Pendidikan :

  • SD al-Washliyah
  • Mts Mu'allimin al-Washliyah Medan
  • Madrasah Aliyah Nurul Falah, 
  • S1 Al-Azhar, Kairo, Mesir 
  • S2 Daar al-Hadits Al-Hassania Institute, Kerajaan Maroko


Riwayat Pekerjaan :

  • Dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau 
  • Dosen Tafsir dan Hadis di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau 
  • Dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur Pekanbaru 
  • Anggota MUI Provinsi Riau, Komisi Pengkajian dan Keorganisasian
  • Anggota Badan Amil Zakat Provinsi Riau, Komisi Pengembangan
  • Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa'il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau


Download Mp3 Ceramah Ustadz Abdul: Download

Related Posts

1 komentar

  1. Ingin Cari Kaos Dakwah Terbaik, Disini tempatnya:
    Tshirt Dakwah Quote

    Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
    Punya Pasangan Sempurna Nggak Indah Kelihatannya

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter